Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Temukan Artikel Anda

Kamis, 23 Juli 2009

Tentang Google PageRank

Di dunia blogging, salah satu ukuran paling diburu para blogger adalah pagerank. Bila blognya memiliki pagerank tinggi mereka akan berbangga diri. Karena di mata Google, blog mereka dianggap lebih ‘penting’. Pagerank menjadi salah satu ukuran paling diinginkan karena dikeluarkan Google yang notabene search engine paling banyak dipakai pengguna internet.

Apa itu pagerank?
Mungkin sebagian rekan-rekan sudah tahu itu pagerank. Namun tak ada salahnya bila saya ulas sedikit arti pagerank agar rekan-rekan yang lain lebih bisa memahaminya.

PageRank merupakan algoritma penganalisis link untuk menentukan tingkat pentingnya sebuah blog/situs web di mata Google. Kata “page” sendiri berasal dari nama salah satu pendiri Google, Larry Page. Skala angka yang digunakan dari 1 sampai 10. Semakin besar angkanya, maka dianggap makin penting menurut Google.

Salah satu cara Google menentukan pagerank adalah dengan mempertimbangkan link masuk (incoming link). Contohnya seperti yang saya lakukan dengan meletakkan link ke blog SC Community dan Kebunsaida. Bagi keduanya, link tersebut merupakan link masuk. Sedang bagi Artikel Anda merupakan link keluar. Ataupun sebaliknya, blog tersebut memberikan link balik ke blog Artikel Anda.

Apa kegunaan PageRank?
Menurut beberapa sumber, makin tinggi pagerank blog anda, robot search engine akan lebih cepat mendatangi blog anda. Artinya, posting-posting terbaru anda akan tampil lebih cepat di search engine. Pagerank juga penting bagi blog yang bersaing di keyword yang tingkat persaingannya tinggi.
Selain itu, pagerank tinggi diburu oleh mereka yang mencari penghasilan dari blog lewat menjual link atau mengikuti program paid review. Blog ber-pagerank tinggi biasanya akan lebih mudah mengikuti program-program tersebut dan mendapatkan tarif yang lebih tinggi. Masih kaitannya dengan meraih penghasilan dari blog, blog ber-pagerank bisa dijadikan komoditas untuk diperjualbelikan.

Bagaimana cara meningatkan PageRank?
Beberapa tips dan trik meningkatkan pagerank banyak di bahas di internet,misalnya memperbanyak baclink,update konten,dsb. Tak perlu terlalu merisaukan pagerank. Karena cepat atau lambat,pasti pagerank blog anda meningkat. Sebab, Google pun tak mengupdate pagerank setiap hari, namun rata-rata dalam jangka 3-4 bulan sekali. Bahkan baru-baru ini dikabarkan Update Google PageRank dua minggu sekali. Jadi tidak mustahil jika blog yang baru launching Google PageRank-nya meningkat drastis. Lebih dari itu, selain tak semua indikator pengukuran pagerank diketahui, saya yakin algoritma pengukuran pagerank juga akan terus berkembang dan berubah.

2 komentar:

cahayaislam mengatakan...

Assalamu 'alaikum, terima kasih sobat infonya, salam kenal

Salam Blog mengatakan...

Wa'alaikumsalam,salam kenal,terimakasih sudah mampir.

PASTI ANDA SUKA :

Sahabat