Temukan Artikel Anda :

Minggu, 05 Juli 2015

20 Alasan untuk Memulai Usaha Sendiri

1.Waktu Luang
Jika Anda memiliki usaha sendiri, Anda lah yang berhak menentukan jadwal kerja Anda. Anda bisa mengatur bagaimana supaya pekerjaan Anda berlangsung dengan efektif. Anda boleh memutuskan untuk bekerja hanya 5 hari dalam seminggu, atau bahkan hanya 3 hari saja dalam seminggu selama Anda bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dengan efisien dan tepat waktu. Anda dapat mengatur waktu Anda lebih fleksibel karena memiliki usaha sendiri.


2. Sebuah Cerita untuk Dibagi
Ketika Anda memulai usaha Anda, teman-teman Anda selalu ingin tahu apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya. Sepertinya, hampir apa pun yang Anda lakukan terlihat hebat di mata mereka. Banyak orang yang akan tertarik dengan apa yang Anda lakukan. Menjadi seorang pengusaha berarti Anda adalah pribadi yang mandiri, sehingga Anda tidak perlu terlalu mengikuti banyak aturan dan memiliki kebebasan untuk mengatur waktu. Hal ini bagi sebagian orang terlihat sangat menarik dna bisa dijadikan bahan cerita untuk dibagikan kepada mereka.

3. Kebanggan
Jika Anda memiliki bisnis usaha Anda sendiri, bisa dibilang itu akan menjadi kebanggan Anda. Karena, apapun yang Anda miliki dalam usaha Anda, itu adalah milik Anda sendiri.  Dan jika usaha Anda sukses, maka akan menjadi kebanggaan bagi diri Anda sendiri. Mulai dari mencari ide, memulai usaha hingga menjalankan usaha tersebut hingga lancar menjadikan nilai kesuksesan tersebut benar-benar milik Anda seutuhnya.

4. Dapat Diwariskan
Jika Anda meraih kesuksesan dengan menjadi dokter, karyawan,guru atau profesi lain di mana Anda hanya berstatus sebagai pegawai saja, maka kesuksesan tersebut hanya akan berakhir pada diri Anda saja. Sulit bagi keturunan Anda untuk mengikuti jejak kesuksesan Anda. Namun, jika Anda memiliki usaha yang sukses, Anda bisa mewariskannya pada keturunan Anda selama mereka bisa menjalankan bisnis tersebut.

5.Tidak Ada PHK
Jika Anda bekerja pada kantor atau perusahaan orang lain, Anda pastinya  memiliki kekhawatiran jika perusahaan tempat Anda bekerja tidak berkembang atau atasan tidak terlalu puas dengan hasil kerja Anda. Sebagai karyawan, Anda memiliki kemungkinan untuk dipecat atau PHK. Tetapi jika Anda punya usaha sendiri, Anda lah yang jadi bosnya, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan kemungkinan buruk seperti pemecatan ataupun PHK.

6.Memiliki Jaringan
Dengan menjadi pengusaha, berarti Anda akan memiliki banyak kenalan. Seorang pengusaha sangat senang untuk bertemu dengan pengusaha lain. Mereka senang bertukar ilmu, membanggakan strategi bisnis mereka, saling menyemangati dan belajar dari pengalaman masing-masing. Ketika Anda menjadi pengusaha maka lingkaran pertemanan Anda juga akan ikut tumbuh. Jaringan profesional pun nantinya akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu.


7.Melakukan Perbuatan Amal
Meski hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi melakukan kegiatan amal dalam usaha sangat berbeda dengan melakukan amal secara individu. Anda bisa  mengumpulkan banyak orang untuk ikut bergabung atau menyalurkan sumbangan dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan melakukan amal secara individu. Efek positifnya, selain dapat mengedukasi publik akan bentuk kepedulian secara sosial, Anda juga bisa melakukan kegiatan branding pada saat yang sama.

8. Mendapat Banyak Pengalaman dan Tantangan
Setiap hidup pasti memiliki tantangan. Namun, Anda akan sangat jarang mendapatkan tantangan dari dalam perusahaan tempat Anda bekerja. Namun, jika Anda menjadi pengusaha, maka Anda akan memperoleh tantangan itu setiap waktu. Anda akan selalu dituntut untuk punya keputusan strategis, berpikir secara kritis dan mendiagnosa masalah secara tepat. Dengan begitu Anda akan memiliki banyak pengalaman pribadi dan memiliki tantangan yang harus dihadapi.


9. Menjadi Mentor
Saat ini banyak sekali sekolah atau pun komunitas yang menjanjikan untuk mengajarkan Anda tentang cara menjadi pengusaha yang sukses. Tetapi hal yang paling berharga dari pengusaha adalah  pengalaman yang mereka miliki. Karena itu jika Anda sudah menjadi pengusaha baik dalam skala kecil maupun menengah, pengalaman Anda akan banyak dibutuhkan pengusaha yang lain dan Anda bisa menjadi mentor untuk mereka.

10. Menjadi Seorang Ahli
Anda pasti setuju dengan pepatah bahwa berlatih itu akan menumbuhkan kesempurnaan. Dengan berlatih, Anda akan menjadi seorang ahli di bidangnya. Begitu pula saat menjadi seorang pengusaha. Ketika Anda mulai menjalankan usaha Anda sendiri, maka mau tidak mau Anda akan berhadapan dengan tantangan dan solusi yang silih berganti. Hal tersebut lama kelamaan akan menempatkan Anda menjadi seseorang yang ahli dalam mengembangkan perusahaan.

11.Memiliki Multi Talent
Menjadi pengusaha berarti Anda harus siap dengan banyak keadaan tidak terduga. Ketika seseorang memulai sebuah usaha, kemungkinan dia hanya memiliki pengetahuan umum dan keberanian untuk memulai usahanya. Tapi seiring berjalannya waktu, maka ia akan memiliki kompetensi lain yang menuntut untuk diketahuinya. Dengan mengetahui dan menguasai ilmu lain, usaha Anda tentunya akan berkembang lebih baik dan ide-ide yang dihasilkan akan menjadi lebih kreatif dan inovatif.

12.Menjadi Penentu
Sebagai pemilik usaha atau owner, Anda akan mengambil keputusan untuk usaha Anda.Anda diharuskan menjadi penentu dalam segala hal. Ketika Anda sudah lama menjalaninya, maka tanpa terasa Anda akan dipengaruhi oleh kebiasaan tersebut. Anda akan mulai mudah mengenali masalah, dan cerdas menentukan solusi, termasuk mengambil keputusan untuk kehidupan pribadi Anda.

13. Pengakuan
Banyak pengakuan dan penghargaan yang diberikan kepada pengusaha di berbagai bidang. Seharusnya hal ini juga menjadi pemicu Anda untuk menjadi pengusaha dan mendapatkan pengakuan di mata masyarakat.

14.Kemandirian Secara Finansial
Jujur saja ini mungkin merupakan alasan terbesar kenapa banyak orang ingin menjadi pengusaha. Dengan menjadi pengusaha, Anda bisa menentukan target yang ingin Anda raih. Anda tidak harus menunggu kenaikan jabatan untuk memperoleh uang lebih banyak. Anda hanya perlu melakukan sesuatu yang efektif dan efisien dan mencoba untuk selalu produktif sehingga usaha Anda berjalan dengan lancar.

15. Bisa Berada dalam Posisi Apa Pun
Jika Anda seorang dokter atau pengacara, skill yang Anda miliki akan sesuai dengan skill dan pengetahuan yang Anda terima. Tetapi jika Anda seorang pengusaha, maka Anda bisa mengetahui banyak hal, baik mengenai marketing, product knowledge, jasa yang harus diberikan, hingga distribusi dan juga optimalisasi tenaga kerja. Anda bisa menjadi karyawan, mentor, sekaligus direkturnya.

16.Anda Bisa Mengubah Dunia
Kedengarannya ini terlalu berlebihan, tapi itu benar adanya! Coba bayangkan, tanpa adanya handphone atau komputer yang dipasarkan oleh pengusaha, apakah dunia akan mengalami kemajuan teknologi dan informasi secepat ini? Orang-orang terkenal seperti Bill Gates, Steve jobs, ikut andil didalamnya!

17.Menciptakan Lapangan Kerja
Dengan menjadi pengusaha, berarti Anda juga berkesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Hal ini berbeda halnya jika Anda hanya bekerja sebagai karyawan saja. Anda malah akan tergantung kepada lapangan kerja yang disediakan pemilik perusahaan.

18. Anda Memiliki Brand
Ketika usaha Anda terkenal, maka nama Anda pun akan identik dengan kesuksesan brand atau usaha Anda tersebut. Hal ini tentu saja membanggakan terutama jika itu benar-benar hasil kerja keras Anda.

19.Ikut Andil dalam Membangun Perekonomian
Ini kedengarannya sangat keren namun juga sangat berlebihan. Tapi bayangkan jika tidak ada pengusaha yang membuka lapangan pekerjaan lebih banyak, mungkin setiap orang hanya berbondong-bondong untuk mencari pekerjaan yang diberi pemerintah. Tentu saja setiap usaha yang dijalankan akan memiliki andil dalam perkembangan perekonomian negara.

20. Pikirkan Alasan Anda Sendiri
Sribu.com sudah berbagi 19 alasan untuk memulai usaha sendiri untuk Anda, namun biarkan alasan yang ke-20 ini menjadi alasan Anda sendiri untuk memulai usaha Anda.

Semoga dengan berbagai alasan yang telah Anda baca di atas dapat menginspirasi Anda untuk segera membuka usaha dan bersiap mendulang kesuksesan secepat mungkin.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Ini Yang Anda Cari ?

PASTI ANDA SUKA :

Sahabat